Monday, October 26, 2020


                “Kok bisa sih HP Gue ilang?”, “Mau jalan malah hujan,ishhh”, “Temen-temen gue udah pada nikah, lah gue kapan?”, “Itu orang nggak sopan banget, gue antri duluan dia nyerobot aja”. “Kok cuma gue yang  nggak lulus SNMPTN, padahal kita udah belajar bareng?”. Dan masih banyak keluhan demi keluhan yang setiap hari memenuhi seisi kepala kita. 


                WBers sendiri gimana nih?, pernah juga kan ada di posisi itu?. Mengeluhkan sesuatu yang bertentangan dengan apa yang kita harapkan. Akhirnya ngeluh dan  dari keluhan-keluhan tersebut muncullah fikiran-fikiran negatif yang merugikan diri juga kesehatan tubuh kita.  Iya kan?, berfikir negatif itu nggak sehat banget buat tubuh kita. 


                Dilansir dari Kompas.com, menurut sebuah penellitian menyebutkan bahwa berfikir negative secara konsisten akan berpengaruh buruk terhadap kesehatan otak dan tubuh kita. Hal itu di karenakan setiap kita berfikir negatif otak akan  memompa zat kimia yang dapat mempengaruhi perasaan kita. Dari sana lah akan di temukan masalah-masalah kesehatan dalam tubuh. Jadi berfikir negatif ternyata memberi pengaruh jangka panjang pada tubuh kita.

                Nah…. kita tentu sayang kan dengan tubuh yang telah Allah karuniakan kepada kita?. Nggak mau kan sampai tubuh kita sakit hanya karena memikirkan sesuatu yang salah dan tidak semestinya. Jadi mulai sekarang pentingn untuk mengubah semua kemungkinan berfikir negatif menjadi lebih positif. Caranya gimana?, kan nggak gampang berfikir positif terus?.

                Yapsssss, benar sekali WBers….. membiasakan berfikir positif itu nggak gampang memang. Apalagi ketika kita sudah terbiasa Negative Thinking  untuk menunjukkan reaksi terhadap sesuatu yang bertentangan dengan harapan. Tapi WBers nggak perlu khawatir karna WBM punyan tips bagaimana supaya kita selalu berfikir positif, yukkkkk langsung simak apa aja sih tipsnya:

1.       Lihat sisi baiknya

            Melihat  sisi baik dari apa yang sampai pada kita, saat hal tersebut memberi sebuah kekecewaan. karena seburuk apapun hal yang kita alami,selalu akan ada sisi baik di dalamnya.

2.       Ingat Karunia Allah

            Jangan terlalu fokus pada fakta yang sedang  terjadi, karena penting bagi kita untuk melihat dan mengingat betapa di luar itu banyak sekali karunia yang sudah Allah berikan dalam hidup, bahkan untuk sesutu yang kadag tidak kita sadari.

3.       Banyak Bersyukur

             ini memiliki korelasi dengan bagaimana mengingat betapa banyak karunia Allah yang kita dapatkan dalam hidup. Ketika seseorang merasa kesulitan untuk bersyukur lakukan hal tersebut untuk menyadari betapa pentingnya bersyukur.

4.       Banyak senyum   

            Tersenyum merupakan bentuk shadaqah yang paling mudah. Sudah mudah dapat pahala dan menghindarkan kita dari kebiasaan berfikir negative.

5.       Berbicar hal-hal positif pada diri kita

                Kapan terakhir kali kita berbicara pada diri sendiri?, atau bahkan belum pernah sama sekali?.  Jika belum, mari mulai lakukan aktifitas tersebut setiap hari. Tanya pada diri kita apa yang sudah di lakukannya hari ini, kemudian beri apresiasi dengan memuji dan berterima kasih atas apa yang telah dia lakuka. Lebih bagus jika kita bisa memberi reward positif atas pencapaian yang di lakukan jiwa juga tubuh kita. Selipkan kalimat-kalimat positif ketika berdialog dengan diri sendiri. Sehingga kalimat-kalimat tersebut dapat membangun fikiran-fikiran positif yang menyehatkan tubuh dan otak kita.

 

Itu dia tips berfikir positif ala WBM ya, WBers boleh coba dan rasakan deh, perubahan positif

apa yang kemudian terjadi pada hidup kita setelahnya.

               

 

 

 


Widya Bahri . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates