Thursday, October 15, 2020


Ngodop.com

                Ngodop.com menghadirkan banyak cerpen-cerpen pilihan yang luar biasa. Banyak di dalamnya terdapat kisah-kisah inspiratif bahkan berlatar belakang kehidupan pribadi si penulis. Salah satunya adalah cerpen karya Mbak Erlin Siahaan  seorang single parent dengan tiga orang anak. Dia menulis sebuah cerpen yang mungkin menggambarkan kehidupannya secara pribadi berjudul Working Mom

                Sekilas sinopsis tentang cerpen Working Mom sebelum kita lanjut mengulas unsur intrinsik maupun ekstrinsiknya. Berkisah tentang seorang wanita single parent dengan tiga orang anak. Di akhir cerita penulis menggambarkan sosok mantan suami yang mungkin menjadi alasan mengapa ke tiga anak ikut dengannya setelah bercerai. 

                Tokoh aku, sebagai tokoh utama menceritakan aktifitas pagi harinya dengan beragam suguhan pekerjaan khas ibu rumah tangga. Mulai dari memasak, mencuci pakaian, menyiapkan bekal juga  memandikan Anak-anaknya. Tak sampai disitu dia harus pula mempersiapkan diri untuk melakukan pekerjaan di luar pekerjaan ibu rumah tangga dan pergi meninggalkan rumah bersamaan dengan mengantar ketiga anaknya kesekolah.

 

Unsur Intrinsik Cerpen 

                unsur intrinsik merupakan unsur-unsur yang terdapat dalam cerpen itu sendiri seperti Tema, tokoh, alur, setting atau latar, sudut pandang, gaya bahasa dan amanat. Mari kita bahas satu per satu dari ke tujuh unsur intrinsik tersebut:

1.       Tema 
Potret wanita single parent yang dengan keras menjalani tugas orang tua dari tiga anaknya. Di samping itu dia harus menjadi  ibu yang bekerja.

2.       Tokoh
Tokoh aku sebagai tokoh utama di gambarkan sebagai tokoh yang protagonis dengan karakternya yang bersemangat dan pekerja keras.

3.       Setting atau Latar
                a.       Latar tempat
                Seluruh latar dari cerpen Working Mom ini terjadi di dalam rumah si tokoh aku. Dimana                          dalam cerita, setting-setting ruang utama di rumah tersebut di eksplorasikan.

          b.      Waku
          Subuh hingga pagi hari

4.       Sudut Pandang
Aku sebagai tokoh utama dalam cerpen ini, menggambarkan bahwasudut pandang yang di gunakan adalah sudut pandang orang pertama.

5.       Alur
Dari awal hingga akhir, pembaca dapat secara terstruktur merasakan bagaimana penulis melalui alur maju dapat dengan baik menghadirkan perjalanan tokoh aku dalam melakukan segala rutinitasnya sebagai single parent.

6.       Gaya Bahasa
Gaya bahasa yang di gunakan lebih kepada jenis gaya bahasa perifrases. Dimana terdapat banyak penguraian dari satu kata yang di butuhkan. 

7.       Amanat 
Kebahagian adalah hak setiap insan. Kadar kebahagiaan seseorang  pun  berbeda. Tokoh aku memiliki perjalanan hidup yang mungkin bagi sebagian orang tidak sempurna dengan ketiadaan ayah dari anak-anaknya. Namun bagi tokoh aku, dia bahagia dengan apa yang tengah di jalaninya. maka pesan yang dapat diambil adalah kejarlah kebahagianmu meski kehilangan satu hal yang sejatinya pantas ditinggalkan. 

Disamping itu, pesan lainnya dari cerpen Working Mom adalah bagaimana seorang wanita harus menjadi diri dan pribadi yang kuat juga bersemangat menjalani takdirnya. 


Unsur Ekstrinsik 

Latar Belakang Penulis

 Penulis  berasal dari Pemantangsiantar merupakan seorang ASN. Cerpen yang dia tulis memiliki relevansi dengan tokoh aku yang juga di ceritakan merupakan single parent dengan tiga anak layaknya penulis. sangat mungkin jika alur yang terdapat dalam cerpen merupakan rangkaian aktifitas yang menjadi rutinitasnya setiap hari dan kemudian ia tuangkan dalam cerita pendek dengan judul Working Mom.

Nilai yang Terkandung Dalam Cerpen 

Yang palin menonjol dalam cerpen ini adalah nilai sosial. Mengangkat kisah kehidupan setelah perceraian yang begitu relevan dengan kehidupan sehari-hari masyarakat pada umumnya. 


Itu dia sedikit ulasan cerpen Working Mom karya Mbak Erlin Siahaan yang aku baca di ngodop.com. semoga bermanfaat ya..... 

7.        




Widya Bahri . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates