Tuesday, October 6, 2020

 

 

google.id

   
    Kelas materi One Day One Post hari ini nggak seperti biasanya. Jika biasanya kelas diawali dengan pembuka lalu materi yang santai, dengan sistim buka tutup grup dan terarah.  Kesempatan bertanya hanya ada bagi mereka yang stand by mantengin grup, hingga saat grup di buka kami harus gercep untuk bisa mengajukan sebuah pertanyaan sebelum grup kembali di tutup.

                Sementara malam ini justru sebaliknya, seperti tidak  ada batasan untuk mengajukan pertanyaan bahkan ketika materi berjalan. Tidak ada sistim buka tutup grup dan siapa pun dapat dengan bebas saling membalas chat di grup materi “Menyusun Paragraf Pembuka”. Agak aneh, tapi entah apa yang sedang terjadi. Sejujurnya aku lebih menikmati kelas materi dengan sistem yang di pakai sebelumnya.

                Kembali ‘pada proses mengikuti kelas materi, saat aku kira kelas belum di mulai. Puluhan chat masuk tak ku gubris karena menunggu materi di mulai dengan pertanda grup yang sudah di kunci. Menunggu sekian lama aku mulai scroll chat dan kudapati beberapa materi telah di sampaikan. Namun sayangnya point pada materi terpotong-potong oleh chat masuk peserta yang bertanya dan beropini.

                Ku ajukan pertanyaan pada PJ ODOP terkait mengapa grup belum di kunci sementara materi telah berjalan. Kemudia seorang teman peserta menjawab dengan nada candaan bahwa kelas kali ini adalah kelas rock n roll, kita harus mantengin terus grup supaya tidak tertinggal materi yang disampaikan. Di saat bersamaan aku scroll chat untuk mencari materi yang sempat tertinggal, untungnya hanya beberapa point dan tidak terlalu menyulitkan.

                Sampai saat aku hampir  menyelesaikan tulisan ini, kelas dan diskusi masih berjalan dengan kondisi yang sama. Sambil nulis sambil mantengin juga grup materi, rasanya luar biasa sekali. Meleng dikit harus ekstra kerja keras scroll chat dan menemukan pesan yang perlu dibintangi.

                Terdapat sisi positif dan negatif dari sestem yang digunakan di kelas materi malam ini. Hal positifnya, kelas jadi makin seru dengan ragam pertanyaan serta opini yang muncul dari peserta. Namun di sisi lain aku pribadi merasa agak kesulitan mencari potongan materi yang terselip di antara chat para peserta lain. Terlalu banyak pertanyaan masuk dan belum sempat terjawab hingga muncul lagi pertanyaan berikutnya bahkan dari orang yang sama.

                Apapun itu, ini tetap menjadi kelas yang menyenangkan danmemberi kesempatan untuk menambah wawasan terkait dunia literasi. So, aku ngerasa tak terlalu bermasalah dengan ini. selama masih mampu menemukan materi-materi yang terselip dan kemundian membintanginya. yang jelas kebahagiaanku tetap sama karena bisa banyak belajar melalui  komunitas ODOP serta kelas-kelas materi yang dihadirkan. 

18 Comments

Aku pun yang ngawasi keder hahaha

REPLY

Haha sama nih saya juga lebih suka sistem yg dlu. Tapi yahh menikmati jugàa

REPLY

betul sekali judulnya teh, kelas rock and roll... :)

REPLY

Bener banget, Kak..
Meleng dikit, langsung ketinggalan banyak..
Tapi lebih enak sih rasanya..

REPLY

Syaratnya gak boleh Baper kalau pertanyaan atau opini yang kita sampaikan tidak tercover dijawab pemateri. Sekali2 ndak papa kek gini mbak, tapi jangan terus2an hehehe...

REPLY

Koq seperti aku kadang masuk kelas sambil mengerjakan tugas hihihi
Ya ampun beneran kudu bintangin kalau gak scrollingnya panjang banget.

REPLY

Waaaa....pas kelas mulai sambilannya ngerjakan tugas wajib ya kak...wkwkskwk

REPLY

aku juga kak, biasany masuk kelas sambil nulis tugas..hehe

REPLY

Waa..boljug ni ditiru, sambil nyimak materi, sambil nulis.

-purnama indah-

REPLY

serius aku mau tanya mbak pije, itu sengaja ya?,hihi

REPLY

tapi seru juga,jadi tantangan baru kak

REPLY

aku ngutip komen nya mbak maizora nih kang, mudah mudahan nggak ada copyright, wkwkw

REPLY

bener banget kak, sepertinya pertanyaan ku juga belum terbalas atau malah tenggelam hehe

REPLY

ini karena pengen ikut materi tapi juga di kejar deadline. jadi sebisa mungkin dapet satu paragraf nengok dulu grup terus balik lagi nulis, hihi

REPLY

samakita kak..hihi

REPLY

dibujeung kak kalo bahasa sundanya.. hehe

REPLY

Widya Bahri . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates