Wednesday, March 10, 2021

odop blogger squad

Ngeblog sendiri tanpa bergabung dalam sebuah komunitas bukan nggak mungkin, tapi komunitas memungkinkan aktifitas ngeblog kita menjadi lebih berkesan dan ringan. Sebelum menjadi bagian dari komunitas ODOP saya hanya menerka bagaimana menjadikan blog ini sebagaimana blog-blog yang pernah dikunjungi. Blog dengan template yang menarik, tulisan-tulisan berkesan juga memberi manfaat bagi banyak orang.

Komunitas juga memudahkan perjalanan ngeblog yang memang nggak bisa dibilang mudah. Namun bicara soal komunitas, tidak semua komunitas cocok dengan setiap individu. Hal ini berhubungan dengan bagaimana kondisi dan kenyamanan hati dari masing-masing individu untuk menerima regulasi dari setiap komunitas. Di ODOP Blogger Squad kecocokan itu membuat saya susah berpaling dan sejauh ini nggak rela seandainya harus keluar dari komunitas tersebut.



Mencintai ODOP Blogger Squad

Bertahun-tahun yang lalu bikin akun Blogger dan hanya berisikan curhatan receh, ternyata menjadi langkah awal menemukan new experience yang keren. Memasuki tahun kelima blog ini, tepatnya ramadhan tahun 2020 lalu, dipertemukanlah saya dengan salah satu komunitas kepenulisan yakni ODOP (One Day One Post). Berawal dari ikut event RWC (Ramadhan Writing Challenge), semakin berdatangan pula info terkait event kepenulisan yang lain. Hingga akhirnya bergabung dan menjadi bagian dari keluarga besar ODOP melalui open recruitmennya (OPREC) ODOP pada akhir tahun 2020.

ODOP Blogger Squad menjadi pilihan saat harus memilih. Dari seluruh squad yang ada saya menyukai semuanya karena sejatinya menulis telah menjadi bagian dari diri ini. Tapi entah kenapa ODOP Blogger Squad menjadi tampak bersinar dan pilihan jatuh padanya tanpa proses berfikir yang panjang. Benar saja, semakin hari semakin jatuh cinta rasanya. Ada banyak alasan di samping bisa memperoleh ilmu-ilmu ngeblog secara gratis, ya…. Gratissss (keren nggak tuh!). Alasan-alasan tersebut diantaranya adalah kesempatan mengenal sosok-sosok inspiratif juga kesempatan mempelajari apa yang saya telah lihat, dengar , rasakan juga dapatkan di dalamnya.

Belajar dari ODOP Blogger Squad (OBS)

odop blogger squad


Jika di tanya perihal apa yang saya dapat ketika bergabung dengan komunitas ini, tentu banyak. Namun yang paling berkesan adalah tentang pengalaman belajar dan mempelajari hal-hal keren di luar ngeblog itu sendiri. Lah…. Emang belajar apa lagi di OBS selain ngeblog?, penasaran kan?, hehe, kalau belum, fiks kamu harus gabung.

1. Loyalitas Tanpa Batas

Semua yang kita dapat di ODOP khususnya squad blogger free alias gratis…tiss…tiss. Bayangkan saja, dalam sebuah komunitas mereka memfasilitasi untuk terus belajar, kita dapat materi keren seputar blogging plus dimentorin pula sama pije-pije yang kece badai. Bahkan seandainya ada yang kita nggak ngerti mereka akan dengan ramah melayani, menjawab pertanyaan-demi pertanyaan yang nggak datang dari satu atau dua orang saja. Lebih kerennya lagi semua itu benar-benar tanpa dimintai bayaran sepeser pun.

Dari gambaran itu saya belajar bahwa mereka yang berperan sebagai penanggungjawab atau katakanlah pengurus dari tetap berdirinya komunitas tersebut, benar-benar memberikan waktu dan tenaga untuk sepenuhnya berbagi hal-hal baik. Menjalankan tugas dan setiap tanggungjawab terhadap orang-orang yang secara finansial tidak membayar mereka untuk itu. Loyalitas yang tak berbatas, kesetian terhadap ODOP benar-benar menjadikan ODOP semakin tumbuh besar hingga saat ini.

2. Inspirasi Produktifitas

Bener-bener malu banget sama orang-orang dikomunitas ODOP terutama squad blogger. Sejak punya blog sampai blog ini sempat di penuhi jaring laba-laba, alasan terkuat membiarkannya begitu saja adalah karena merasa nggak ada waktu. Bekerja dan banyak hal yang harus dilakukan sehingga ngeblog menjadi kalah prioritas.

Belajar dari komunitas ODOP Blogger Squad hal itu tidak sama sekali berlaku di komunitas ini. Faktanya para blogger berprestasi di dalamnya tidak hanya berprofesi sebagai blogger saja. Sama halnya dengan saya, mereka juga bekerja, sekaligus istri dan ibu rumah tangga, bahkan merangkap sebagai womenpreneur. Tapi luar biasa mereka dapat mengatasi semuanya dengan baik. menjalankan seluruh tanggungjawab dengan jumlah waktu sama dengan yang saya miliki. Jika mereka mampu menjadi sangat produktif, lalu apa yang kemudian membuatku terus beralasan hingga merasa tak mampu membagi waktu.

3. Belajar Membangun Energi Positif

Entah bagaimana ODOP membangun sebuah atmosfir yang menyenangkan saat berada di dalamnya. Saya tidak tahu apakah hal ini dirasakan seluruh member ODOP Blogger Squad atau tidak?. Yang jelas sampai detik ini saya merasa sangat positif saat berinteraksi dengan segala sesuatu yang berhubungan dengan ODOP khususnya Squad Blogger. Kemungkinan terbesar adalah dari apa yang orang-orang di dalamnya perbuat. Mereka memberi tanpa berharap menerima kembali. Hal tersebut yang kemudian memancarkan energi positif. Dan jelas ini menjadi  pelajaran berharga di luar apa yang saya dapat terkait aktivitas blogging yang harus dilakukan. 



Esensi Bergabung dengan ODOP Blogger Squad

Apa yang kita dapatkan di komunitas ini sepenuhnya adalah pelajaran-pelajaran terkait dunia blogging. Walaupun ternyata jika kita lebih peka, tidak hanya pelajaran tentang itu saja yang kita dapatkan. Lebih jauh kita tengah mempelajari seluruh elemen bersosial yang melibatkan setiap individu di dalamnya. Jadi pada dasarnya esensi dari bergabungnya kita dalam ODOP Blogger Squad adalah untuk belajar. tentunya belajar apapun yang perlu dan patut kita pelajari dengan bahagia dan senang hati.

Terimakasih, ODOP Blogger Squad















Widya Bahri . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates