6 Cara Untuk Selalu Berfikir Positif, Kamu Harus Coba!

March 17, 2021


Cara Berfikir Positif

Masalah atau musibah sejatinya bisa datang kapan pun juga menimpa siapa pun. Berdasarkan skala permasalahan dan sifat dasar seseorang, respon yang ditimbulkan dalam menanggapi setiap masalah juga akan beragam. Namun pada dasarnya respon tersebut hanya memiliki dua sifat yakni positif dan negatif. Selanjutnya jika sebuah masalah menimpa Wbers, mana yang kemudian akan kalian pilih sebagai respon dalam menanggapi masalah tersebut?.

Pernah dengar istilah Positive Thinking atau berfikir positif?, tentu harapannya setiap individu dapat responsive terhadap hal-hal yang bersifat positif dalam menanggapi sebuah permasalahan, salah satunya adalah berfikir positif. Masalahnya aktifitas berfikir positif ini bukan sesuatu yang dapat dikatakan mudah, tentu perlu proses untuk sampai pada tahap always be positive thinking. Namun tidak mustahil jika Wbers terbiasa melakukan hal-hal yang membuat kalian selalu dapat berfikir positif. Berikut adalah tips berfikir positif ala widyabahri.com.


cara berfikir positif

1. Lihat Sisi Baiknya

Allah menciptakan makhluk beserta pasangannya, begitu pun masalah selalu hadir beserta solusinya. Kehadiran sepasang masalah dan solusi menunjukkan bahwa setiap masalah adalah baik, apa yang Allah berikan sekalipun bagi kita adalah kesulitan, bagi Allah itu baik dan senantiasa memiliki sisi yang juga baik. Namun sisi baik tidak datang dengan sendirinya, hanya bagi mereka yang peka, yang kemudian menemukannya.

Tenang…. Kepekaan itu bisa dilatih kok, saat Wbers sulit menemukan sisi baik dari setiap masalah, maka carilah sampai kalian menemukannya. Caranya adalah dengan meyakini bahwa apa yang menimpa kita selalu Allah hadirkan di dalamnya kebaikan. Nah…. dengan begitu Wbers akan mudah menemukan sisi baik yang akan membantu Wbers tetap senantiasa berfikir positif.

2. Biasakan Bersyukur

Ini adalah part paling menantang, kenapa? Karena melakukannya tak semudah mengucapkannya. Bersyukur karena mendapat kebahagian tentu sangat mudah namun besyukur untuk sebuah kesulitan butuh effort yang luar biasa. Tenang, santai, ini patut kita coba tanpa membuat Wbers merasa mustahil melakukannya. Sungguh sangat mungkin, dan di luar sana banyak orang telah melakukan ini, melatih jiwa mereka untuk senantiasa bersyukur dalam kondisi sesulit apapun.

Sekali lagi santai aja, kalau kata lagu “Pelan-pelan Saja”. Setidaknya kalian udah punya niat untuk mulai selalu mebiasakan diri bersyukur dalam setiap kondisi. Cara yang perlu Wbers lakukan tetap sama, yakinlah bahwa apapun yang sampai pada kita, sekalipun terasa menyakitkan semua datang dari Allah. Setiap yang datang dari Allah pasti baik dan patut kita syukuri. Dengan membiasakan bersyukur insyaallah kita akan akan terbiasa pula berfikir positif.

3. Berbicar Positif Pada Diri Sendiri

Seringkali kita melakukan berbagai cara untuk terlihat baik dihadapan orang lain termasuk berbicara baik kepada mereka. Namun lupa bahwasanya diri kita sendiri memerlukan asupan kalimat-kalimat positif. Jika sulit memperoleh hal tersebut dari lingkungan kita, sudah jelas upaya satu-satunya adalah berbicara hal positif pada diri kita sendiri. Memuji secara wajar sebagai bentuk apresiasi kemudian berterimakasih pada diri sendiri menjadikanmu lebih positif dan mudah untuk berfikir positif

4. Lebih Banyak Tersenyum

Percaya atau tidak tersenyum memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia, diantaranya menaikan mood, menimbulkan efek bahagia, meningkatkan rasa percaya diri serta dapat menyalurkan energi positif kepada orang lain. Bagaimana jadinya jika kita sering tersenyum, tentu akan semakin banyak pula terkumpul energy positif dalam diri kita bahkan siap kita salurkan kepada orang di sekitar.

5. Mengembangkan Optimisme

Bicara tentang optimisme maka kita sedang berbicara tentang harapan. Harapan yang dimaksud tentu adalah harapan-harapan baik seseorang akan kehidupannya detik ini hingga kehidupan yang akan datang. Memiliki sikap optimis memungkinkan seseorang berfikir dan bertindak lebih positif, maka penting bagi Wbers untuk mengembangkan optimisme dalam diri kalian.

6. Berada di Lingkungan Orang-orang Positif

Lingkungan positif membawa kita pada kehidupan yang juga positif begitu pun sebaliknya. Maka sangat penting memilih dan memilah sebelum terlanjur masuk dalam sebuah lingkungan. Berada di lingkungan orang-orang yang positif tidak akan menjerumuskan kita pada kemungkinan melakukan banyak penyimpangan.

Hidup diantara mereka yang positif membuat kita akan cenderung berfikir serta berbuat lebih banyak hal positif dalam kehidupan.



Gimana???



Apa Wbers sudah atau memang sedang berupaya untuk selalu bersikap dan berfikir positif?. Tips di atas mungkin bisa di coba dan membantu Wbers. Pada intinya semua didasari pada keharusan meyakini apa yang Allah berikan adalah sebuah kebaikan. Keep Positive dan semangat untuk selalu berfikir positif ya.

You Might Also Like

0 Comments

About Me

Like us on Facebook

Popular Posts

Kode Iklan Tengah 1