Thursday, October 1, 2020

 

             Saya lahir dalam keluarga dengan lima bersaudara yang kesemuanya adalah perempuan. Kami kehilangan satu-satunya saudara laki-laki yang lebih dulu berpulang ketika ia masih balita. Beranjak dewasa kami kembali kehilangan Abah sebagai tumpuan hidup, di susul sepuluh tahun kemudian mamah yang berpulang menghadap Allah.

                Jadilah semenjak 2016 silam kami menjalani kehidupan tanpa peran orang tua di dalamnya. Sejak mama berpulang pada oktober di tahun tersebut, saya betul-betul mengkhawatirkan keberlangsungan hidup keluarga ini.  Hingga banyak ketakutan bermunculan mulai dari takut keluarga terpecah, hubungan persaiudaraan merenggang karena ketiadaan orang tua sebagai pondasi yang mengkokohkan keluarga kami, serta banyak ketakutan-ketakutan lain bermunculan.

                Sampai tiba pada satu ketika saya menyadari bahwa ketakutan-ketakutan itu sama sekali tidak terbukti. Bahkanbeberapa orang terdekat menilai   bahwa kami adalah salah satu keluarga yang sangat kompak bahkan ketika mamah dan abah telah tiada.

                Apa sih tips keharmonisan dan kekompakan keluarga kami?. Yukk kita simak  apa saja yang dapat di lakukan agar keluarga tetap dalam kondisi harmonis.. Cekidoootttt…

 1.  Membangun komunikasi yang baik

Komunikasi merupakan hal fundamental dalam keberlangsungan hidup manusia. Komunikasi dapat menjembatani fikiran, kebutuhan dan perasaan seseorang terhadap orang lain. Dengan komunikasi yang baik tentu apa yang seseorang fikirkan, butuhkan dan rasakan  akan sampai dengan baik pula pada lawan bicaranya termasuk keluarga.

 2.    Saling memahami

Tidak ada manusia yang sempurna di muka bumi ini. Seberapa baik pun seseorang, akan dan pernah berada pada satu kondisi dimana dia melakukan kesalahan. Ketika salah satu dari kita melakukan kesalahan, alangkah lebih baik untuk tidak saling menyalahka. Namun berusaha saling memahami kekurangan masing-masing.

   3.  Saling menghargai

Hal sekecil apapun yang dilakukan satu diantara kami, sebisa mungkin berusahalah menghargai da mengapresiasi hal-hal baik tersebut.

   4Hindari kemungkinan yang mengarah pada pertengkaran 

          di dalam kelurga

Simple saja, saat kita harus berusaha menghindari pertengkaran dalam keluarga. Maka dari itu kita harus melakukan tindakan antisipasi dengan upaya saling menghargai dan saling memahami. 

  5. Sering mengadakan pertemuan keluarga

Saling bertemu antar keluarga  adalah momentum yang sangat penting untuk menumbuhkan kepekaan sesama anggota keluarga. Membangun perasaan saling mengasihi satu samalain juga berawal dari pertemuan demi pertemuan yang dilakukan. so.... luangkan waktu saling bertemu untuk sesuatu yang positif 

Itulah beberapa tips untuk  menjaga keharmonisan antar kehidupan bersaudara bahkan ketika taklagi ada kehadiran orang tua. Mungkin teman-teman punya lebih banyak tips lain, silahkan  tinggalkan komentar di bawahnya. Semoga ini bermanfaat untuk kita semua dan Allah senantiasa menjaga keluarga kita. Aamiin….

 

 

 

Widya Bahri . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates