Saturday, October 17, 2020

               Nggak tau kenapa akhirnya nyemplung di dunia blogging dan makin tertarik untuk menyelaminya. Padahal dulu bikin blog itu iseng-isengan aja sampe setelah register aku nggak pernah lagi isi blognya. Terhitung setahun cuman 2 atau 3 postingan yang isinya cuma curhatan receh anak melankolis. Tahun ini berawal dari ikut tantangan menulis Ramadhan Writing Challenge akhirnya mengantarkanku pada beberapa event yang membuatku mau nggak mau harus buka pintu blogku lagi.

Saat ini sedang ikut Event menulis di komunitas ODOP (One Day One Post). Ketika harus memilih media apa diantara ketiga media yang ditawarkan  yakni Facebook, Instagram dan Blog, tanpa fikir panjang aku langsung mengisi list dengan mencantumkan  blog sebagai media untuk memposting semua tulisan-tulisanku. Dan ternyata setelah mengisi list tersebut kita yang berada di blog besar ODOP kembali masuk grup kecil berdasarkan media yag di pilih. Masuklah di Squadron Blog hingga saat ini dengan segala drama yang salah satunya adalah mengurangi jam tidurku selama satu bulan terakhir.

Selalu ada yang terbayar dari semua perjuangan. Setelah satu bulan kwantitas menulis lebih banyak dari biasanya, lebih banyak pula ilmu dan kesempatan yang di dapat. Termasuk dari beberapa kesalahan yag di lakukan pada akhirnya tetap memberi makna berharga untuk semakin memperbaiki apa yang tampak dan dirasa salah. Pada intinya setelah bergabung dengan komunitas ODOP setiap hari ada saja hal baru yang di dapat entah itu berupa experience terkait kepenulisan,  tips dan trik menjadikan aktifitas menulis sebagai  sesuatu yang berarti, juga tentang bagaimana  mengelola blog agar tumbuh menjadi Professional Blog.

Disamping itu ada ada hal penting yang di dapat dari mengikuti komunitas salah satunya ODOP ini. satu hal itu menjadi dirasa berharga dan tidak di dapat sebelum aku mengikuti komunitas. Adalah suntikan semangat dari sesama peserta ODOP juga dari para suhu yang berperan penting dalam membangun semangat para peserta itu sendiri.

Semangat untuk semakin banyak belajar, juga menyadari bahwa untuk sampai pada titik memiliki blog yang baik dari sisi traffic juga kwalitas isi blog, kita perlu melakukan banyak hal yang di dalamnya tentu perlu pula banyak pengorbanan. Tak hanya itu, yang harus di sadari adalah juga tentang bagaimana menjaga konsistensi untuk tetap menulis.  Ya…. Karena apalah artinya punya blog tanpa menulis.

Hari ini sampai ketika sedang menulis ini pun, aku merasa sangat bersemangat untuk mengembangkan blogku. Hingga bermimpi untuk memiliki blog yang professional kelak. Salah satu upaya yang sedang diakukan adalah mencari informasi sebanyak-banyaknya terkait dunia blogging. Mengenali langkah-langkah apa saja yang perlu dilakukan. Dan mulai mengeksekusinya dari hal-hal sederhana dan mampu kita lakukan.



Foto : PiWWW.rawpixel.com

Widya Bahri . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates