Saturday, September 19, 2020

www.google.com


                Siapa Nefertiti, ketika yang saya tau Cleopatra adalah wanita paling berpengaruh pada masa peradaban Mesir Kuno. Mungkin kalian pun demikian lebih sering mendengar nama Cleopatra ketimbang Nefertiti. Padahal menurut cerita, Nefertiti adalah perempuan paling berpengaruh pada masanya.

     Merupakan istri seorang Firaun bernama Akhenaten, Nefertiti dikenal sebagai ratu paling agamis kala itu. Pada masa kepemimpinannya mereka dianggap sebagai pasangan yang membawa kejayaan terbesar peradaban Mesir Kuno. Melakukan perubahan-perubahan besar salah satunya memindahkan ibu kota dari Thebes ke Amarna. Setelah Akhenaten meninggal Nefertiti lah yang kemudian memegang tahta sebelum Tutankhamun menggatikannya.

Nama “Nefertiti merupakan nama pemberian Akhenaten sebagai bukti cintanya pada Nefertiti. Memiliki arti “Wanita cantik dari Athen”, dimana Athen merupakan semacan nama Tuhan di kalangan masyarakat Mesir kala itu. Ini membuktikan bahwa  nama “Nefertiti” bahkan menjadi lambang kecantikan Sang Ratu Mesir itu sendiri.

                Selain dikenal religius dan memiliki pengaruh besar terhadap kejayaan peradaban Mesir Kuno, Nefertiti juga dikenal karena kecantikannya yang konon tidak kalah dari Clepoatra. Bahkan beberapa sumber menyebutkan  bahwa kecantikan Nefertiti melebihi Cleopatra, benarkah?.

                Dari penemuan-penemuan berupa patung dan pahatan diketahui bahwa Nefertiti merupakan wanita cantik pada  masa itu. Dikisahkan selain memiliki bibir merah dan mata coklat almond, Nefertiti juga memiliki tubuh ramping hingga kecantikannya nyaris sempurna. Mungkin itu salah satu alasan banyak rumor beredar bahwa Nefertiti tidak kalah cantik atau bahkan lebih cantik dari Cleopatra. Wallahu a’lam bisshawab

Dari  sumber-sumber yang saya dapat menegenai sosok Nefertiti. Diceritakan bahwa ia sempat dikhianati oleh suaminya Akhenatin. Walaupun Nefertiti cantik namun ia tidak bisa memberikan keturuna untuk Akhenaten, sementara Akhenaten merasa ia harus memiliki anak sebagaipenerus tahtanya. Hingga Akhenaten menikahi adik kandungnya sendiri dan memiliki anak laki-laki yang kemudian meneruskan tahtanya yakni Tutankhamun.

Konon Tutankhamun semasa kecil tidak pernah lepas dari berhatian Nefertiti sebagai ibu tirinya. Bahkan yang lebih hebat Nefertiti tidak memiliki dendam sama sekali atas penghianatan Akhenaten. Dari kisah ini mungkin Nefertiti tidak hanya dikenal memiliki kecantikan paras. Namun dia juga memiliki kebaikan hati.

Dari semua kisah tentang Nefertiti, sayangnya hingga kini  layaknya penguasa Mesir lain, belum ditemukan mumi dari sang Ratu cantik tersebut. Padahal jika saja ditemukan maka itu akan menjadi bukti kebenaran rumor yang beredar tentang Nefertiti selama ini. Bahkan kematian Nefertiti pun seperti menjadi sebuah misteri. Belum adayang mengetahu pasti apa penyebab meninggalnya istri dari Akhenaten tersebut.

               

Widya Bahri . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates