Friday, September 25, 2020

 


Berawal dari mengikuti lomba Real Short Story yang di selenggarakan Kementrian Agama Kabupaten Sukabumi , dalam rangka memperingati  Hari Amal Bhakti ke-73. Akhirnya hari ini di Kantor Kementrian Agama, kami di pertemukan untuk membahas perihal penyusunan buku antologi ke-2 guru Madrasah.

Berbicara tentang buku, Alhamdulillah satu tahun setelah kegiatan lomba, kami menerbitkan semua naskah  dalam sebuah antologi dengan judul “Guru Madrasah, Bagja dan Berkah”. Buku tersebut berisikan praktik baik mengajar para guru di lingkungan Kementrian Agama mulai dari RA, MI, MTs dan MA. 

Buku pertama kami para guru Madrasah di Kementrian Agama Kabupaten Sukabumi kemudian launching di HAB Kementrian Agama ke-74, januari  2020 lalu. Saat itulah hampir 90% persen kontributor hadir dalam acara peluncuran buku Guru Madrasah Bagja dan Berkah. Acara tersebut juga dihadiri Bupati Sukabumi bapak Marwan Hamami. 

Setelah buku pertama terbit saya fikir grup RSS (Real Short Story) akan berakhir  mengingat goals dari event RSS itu telah terealisasi . Namun ternyata tidak, karena akhirnya kami memutuskan untuk menerbitkan antologi ke-2 di tahun ini. Kali ini pesertanya tidak hanya teman-teman di grup RSS saja, karena kami memboyong teman-teman guru Madrasah yang lain untuk membuka sebesar- besarnya kesempatan mengembangkan potensi menulis para guru Madrasah.

Dalam perjalanannya, ketika harus  ada tim penyusun untuk buku ke-2 dan kesempatan diberikan kepada siapa pun yang ingin bergabung. Saya memutuskan untuk menjadi bagian dari tim tersebut  bersama teman-teman perwakilan dari semua jenjang pendidikan. Dipertemukan dengan orang-orang yang luar biasa dan memberi kesempatan untuk semakin banyak belajar, tentu ini menjadi bagian dari momentum besar dalam perjalanan saya di dunia literasi. 

Setelah beberapa lama bersua di dunia maya, sesekali bertemu singkat. Hari ini kami benar-benar dipertemukan dalam sebuah forum diskusi. Selain untuk membahas perihal penerbitan buku ke-2 guru madrasah kami juga memiliki harapan besar untuk membentuk sebuah komunitas penulis yang di dalamnya adalalah para guru Madrasah di lingkungan Kementrian Agama Kabupaten Sukabumi. Kami menyebutnya Komunitas Penulis Guru penulis, semoga setelah terbit buku ke – 2 ini kami bisa lebih fokus merealisasikan pembentukan komunitas tersebut.

Widya Bahri . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates