Friday, September 11, 2020

Arsip ODOP


                Man teman, mari kembali membahas tentang ODOP. Buat saya istimewa sekali bisa bergabung dengan komunitas yang benar-benar memberi perubahan positif bagi saya. Menulis sejak kelas tiga sekolah menengah membuat saya mulai menyukai aktifitas tersebut sebagai sarana mengungkapkan perasaan.  Menulis diari adalah aktifitas yang paling sering di lakukan kala itu.

                Menyenangkan memang, apalagi jika satu tulisan sudah utuh dan di katakan selesai, kadang ngerasa terharu aja ketika baca ulang. “Lah, ternyata aku bisa nulis loh”, “Kok enak ya baca tulisan sendiri”, dan siratan-siratan lain yang muncul sebagai bentuk apresiasi atas produktifitas diri. Berulang kali dihadapkan pada momentum semacam itu membuat saya mulai beraniuntuk menulis tidak hanya di diari.

                Selama proses meningkatkan kemampuan menulis saya hanya mempublish tulisan-tulisan di sosial media. Nggak pernah masuk komunitas menulis, nggak pernah ada yang secara spesifik membedah  dan saya mulai terbiasa dengan banyak kesalahan penulisan. Bahkan kadang nggak peduli  yang saya tulis secara PUEBI udah bener apa belum.

                Saat ini bergabung bersama teman-teman dengan minat yang sama terhadap dunia literasi. Di komunitas One Day One Post banyak hal baru, pengalaman baru juga kesadaran bahwa banyak hal yang saya belum tau. Termasuk malam ini ketika di grup besar ODOP ada sesi bedah tulisan. Menemukan fakta bahwa ketika nulis saya jarang banget mikirin kaidah-kaidah penulisan, nggak tau deh kalau di bedah gimana nasib tulisan-tulisan di blog saya.

                Tapi, udah siap banget kalau seandainya giliran tulisan saya yang di bedah. Malah jadi penasaran sama gaya dan kesalahan-kesalahan penulisan yang saya lakukan. Rasanya nggak sabar untuk tau semua kesalahan itu sampai kemudian akan berusaha untuk memperbaikinya. Semoga secepatnya tulisan saya bisa dibedah, diberi kritik juga saran oleh teman-teman di komunitas One Day One Post.

                Intinya bersyukur sekali bergabung dalam komunitas ini. Selain melatih konsistensi menulis, kita juga belajar banyak hal baru yang isinya daging semua, hihi. Banyak doa dan harapan baik atas bergabungnya saya dengan komunitas ODOP. Semoga ini menjadi awal yang baik dalam meningkatkan kemampuan menulis dan berbagi kebaikan lewat tulisan. Aamiin…..

               

 


Widya Bahri . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates