Tuesday, November 3, 2020


google.com

                Hy Wbers…. Udah mulai kerasa belum nih efek “New Normal” yang mau nggak mau pada akhirnya harus kita jalani. Menyesuaikan diri dengan segala aktifitas baru yang sebelumnya nggak ada dan behkan nggak pernah atau nggak biasa kita lakukan.

                Bagi kalian yang masih berstatus mahasiswa, pasti nggak ada pilihan selain ikut webinar atau zoom meeting untuk tetap absen kelas di masa pandemi ini.

Atau kita yang bekerja di satu instansi, biasanya jika dalam kondisi normal  akan ada beberapa undangan seminar, bimtek atau workshop yang dilakukan bertatap muka, kali ini tetap ada namun dilakukan secara virtual.

                Salah satu aktifitas new normal yang delapan bulan belakangan lekat dengan beberapa kalangan ini, tentu tidak sepenuhnya menjadi solusi. Di tengah pandemi seperti saat ini,memang  solusi terbaik untuk tetap beraktifitas adalah dengan melakukannya secara virtual bagi yang memungkinkan. Namun terlepas dari segala kemudahan yang di tawarkan, di temukan penurunan efektifitas dari aktifitas-aktifitas yang di lakukan secara virtual.  

Nah… Kali ini aku mau berbagi kelebihan dan kekurang mengikuti seminar-seminar atau kajian secara virtual. Jadi…. Setelah beberapa kali mengikuti kajian, seminar, juga bimtek secara virtual,  aku ngerasa ada beberapa hal yang menguntungkan dan kurang  saat aktifitas tersebut dilakukan. Kira-kira apa aja sih kelebihan dan kekurang dari aktifitas yang dilakukan secara virtual?,  yuk langsung aja kita paparkan.

Keuntungan

  • 1.       Lebih Fleksibel

Iya nggak sih, kalau seandainya ikut seminar virtual kita lebih leluasa melakukan aktifitas yang lain. Terutama bagi tim emak-emak yang dituntut untuk menjadi wanita dengan kemampuan multitasking. Nyimak materi sambil tangan dan kaki tetap bergerak menyelesaikan semua pekerjaan khas ibu rumah tangga di rumah.

 

  • 2.       Nggak Perlu keluar rumah

Ini udah jelas ya, kegiatan virtual sama sekali tidak mengharuskan kita pergi dari rumah, berdesakan naik angkutan umum atau menghadapi kemacetan lalu lintas yang setiap saat membayang-bayangi perjalanan kita. Cukup di rumah, bermodalkan koneksi internet saja.

 

Google.com


Kekurangan

  • 1.       Penurunan efektifitas untuk membangun komunikasi aktif

Dalam kegiatan seminar atau workshop, kita sering kali dihadapkan pada komunikasi aktif antara peserta dan pemberi materi. Walaupun hal ini dapat tetap terjadi dalam kegiatan webinar namun yang aku rasakan komunikasi tersebut tidak terjadi secara efektif. Terlebih jika dihadapkan pada beberpa gangguan teknis yang bersifat digital, seperti audio yang tidak muncul saat ingin mengajukan pertanyaan. Atau kendala yang bahkan erjadi sebelum membangun komunikasi aktif seperti koneksi yang tidak mendukung untuk terhubung secara maksimal.

  • 2.        Perbedaan Atmosfir

Aku, secara pribadi sangat menyukai atmosfir berada di dalam sebuah gedung bersama penataan ruang, audio serta visual yang khas dengan kegiatan seminar ata u workshop. Selain merasa materi akan tersampaikan lebih maksimal, dorongan untuk menyimak apa yang disampaikan pemateri pun lebih besar. Atmosfir yang begitu dirindukan ketika harus mengikuti sebuah seminar atau workshop, yang tidak di dapatkan ketika kegiatan tersebut dilakukan secara virtual.

       Itu beberapa kelebihan dan kekurangan mengikuti kegiatan secara virtual. Kalau aku lebih senang mengikuti kegiatan tersebut secara langsung dan dengan atmosfir khas kegiatan seminar atau workshop. Kalau kalian gimana nih?? Team yang mana?. Tuk tulis jawaban dan alasannyadi kolom komentar.


Widya Bahri . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates