Monday, November 9, 2020




Hy WBers, menurut kalian bersekolah dan belajar itu apa sih?, apakah hanya tentang datang dan duduk di bangku pendidikan formal, mendengarkan penjelasan seorang guru, lalu pulang. Atau kalian punya definisi lain terkait bersekolah dan belajar, yang kemudian secara langsung memberi impact dalam kehidupan. Menjadikan kita megalami perubahan perilaku sebagai pengaruh dari proses bersekolah. 

Beberapa tahun belakangan aku sedang senang-senangnya mengamati apa makna sesungguhnya dari istilah sekolah dan bersekolah yang di dalamnya erat dengan aktifitas belajar mengajar. Dimana bersekolah ini sejatinya telah dan mungkin di lewati sebagian besar dari populasi manusia di dunia. Terlebih, dunia saat ini menjadikan pendidikan sebagai kebutuhan untuk membekali manusia dalam menghadapi perkembangannya. 

Dalam KBBI bersekolah diartikan sebagai kegiatan belajar di sekolah, mendapat pendidikan atau pengajaran di sekolah. Dari pengertian itu bersekolah terbatas pada aktifitas yang dikerjakan hanya di sekolah. Tau kan sekolah itu apa?wkwkwkw, sekolah merujuk pada tempat yang dalam KBBI sendiri diartikan sebagai bangunan atau lembaga untuk belajar dan mengajar serta tempat menerima dan memberi pelajaran. 

Sampai disini kita faham bahwa secara harfiah bersekolah dan sekolah adalah aktifitas belajar mengajar yang hanya dilakukan di sekolah. Nah….. kali ini aku mau ajak WBers buat traveling (hussss, bukanj jalan-jalan ya, wong masih pandemic). So, traveling disini maksudnya adalah untuk memaknai bersekolah menurut versi aku yang di jamin akan bikin hidup WBers lebih berarti, hehe.Nggak apa-apa kali ya, kalo kita punya definisi sendiri terhadap sebuah kata. 

Buatku pribadi, bersekolah nggak harus terbatas pada aktifitas belajar mengajar di sekolah formal saja. Karena sejatinya belajar dan mengajar dapat dilakukan di mana pun juga kapan pun. Sayangnya baru beberapan tahun belakangan aku menyadari ini, bahwa aku bisa belajar dan bersekolah dari hal-hal terkecil yang bahkan hanya aku rasakan tanpa melihat apalagi dijelaskan seperti di sekolah-sekolah formal. Yang jelas nggak ada kata terlambat untuk memperbaiki apa yang semula tampak salah. 


WBers pernah dengar istilah "Sekolah Kehidupan", kalau pernah yuk kita korelasikan antara seduanya. sekolah pada umumnya dengan sekolah kehidupan yang faktanya menjadi sekolah sepanjang masa bagi manusia. 




Widya Bahri . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates