Monday, April 6, 2020

Pic From Pinterest


                Komunitas adalah sebuah wadah untuk mengalurkan dan mengembangkan minat serta bakat seseorang terhadap sesuatu. Melalui komunitas, kita akan menemukan orang-orang dengan bakat  juga visi misi yang sama terhadap sesuatu yang kita minati. Lalu seberapa penting sih sebuah komunitas?.
                Saya nggak akan dulu memberi gambaran secara teoritis. Mengingat itu perlu sebuah riset dan saya belum berkesempatan melakukannya. Dengan banyaknya aktivitas akhir-akhir ini di tengah masa isolasi yang membuat jiwa ketidak sukaan saya terhadapa sesuatu yang tampak berantakan meronta-ronta. Saya hanya sempat menulis sesuatu yang tidak harus dikuatkan dengan sebuah riset, itupun saya masih keteteran untuk menulis satu topik satu hari.
                Oke, balik lagi pada seberapa penting komunitas untuk pengembangan minat danbakat seseorang?. Berbicara dari pengalaman menyukai aktivitas menulis dan semua yang berbau kepenulisan saya merasa kehadiran komunitas menjadi sangat penting dan membantu proses berkembang  saya dalam hal ini.
                Sedikit membagikan cerita receh tentang bagaimana saya menemukan komunitas kepenulisan yang tidak pernah berusaha saya cari dan lakukan, setelah sekian lama memiliki ketertarikan pada dunia literasi.
                Saya selalu merasa dan berfikir bahwa ketika ingin menjadi penulis saya hanya harus menulis dan mempublish tulisan-tulisan. Tapi ternyata saya keliru tentang itu, karena dari apa yang dialami, menulis sendiri tanpa sebuah deadline dan tantangan dari orang lain membuat saya lalai dan menulis semaunya. Yang terpenting adalah cukup perlu perjuangan mencari orang yang mau mengkoreksi dan menjadi pembaca tulisan kita, kecuali apa yang kita tulis benar-benar menarik.
                Dua tahun belakangan ini, saya mulai mencoba masuk sebuah komunitas kepenulisan yang hingga hari ini menjadi beberapa. Rasanya berbeda dengan ketika menulis sendiri tanpa komunitas. Tidak memiliki referensi yang beragam, merasa benar sendiri padahal mungkin saya keliru dan jelas tidak saya temukan tantangan-tantangan menulis yang sesungguhnya.
                Jadi, seberapa penting sebuah komunitas?, bagi saya penting sekali. Jadi siapapun di luar sana yang memiliki ketertarikan, minat, dan bakat terhadap sesuatu mulailah mencari komunitas dan bergabung secara langsung di dalamnya.
               


1 Comments:

Penting yaa untuk dongkrak motivasi dan ide hehe

REPLY

Widya Bahri . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates