Monday, August 24, 2020

 

Pandemi dan literasi dua topik yang akhirnya saling memiliki keterkaitan. Bagaimana saat ini pandemi memberi pengaruh besar terhadap hampir seluruh tatanan kehidupan begitu pun dalam proses berliterasi.  Dimana akhirnya banyak aktifitas berliterasi itu sendiri harus dilakukan secara digital.

                Bicara tentang digitalisasi tentu tidak melulu terkesan mudah dengan sekian banyak fitur-fitur  kemudahan yang di tawarkan. Ada pula di dalamnya keterbatasan yang memang menjadi dinding pembatas bagi terlaksananya aktifitas berliterasi di tengah pandemi. Terlebih bagi mereka yang tidak begitu menikmati proses berliterasi melalui media digital yang kini semakin mendominasi

                Seperti halnya saya yang lebih suka dan lebih menikmati aktifitas membaca melalui buku, menjadi terlalu melelahkan jika harus membaca dalam bentuk ebook . Bagi mereka  yang terbiasa mengunjungi perpustakaan, memungkinkan kehilangan atmosfir yang tidak akan di temukan dalam perpustakaan digital.

                Seperti yang kita tahu, bahwa itu semua adalah satu dari sekian fakta yang kini tengah dihadapi. Pandemi tidak hanya mempengaruhi tatanan hidup manusia di muka bumi, tapi membawa kita pada proses adaptasi kebiasaan baru yang mau tidak mau harus dijalani. Pun dalam konteks berliterasi yang pada akhirnya juga harus terus berjalan di tengah pandemi dan adaptasi kebiasaan baru ini. salam literasi…..

Widya Bahri . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates